Kediri itu Penuh Kejutan

iyaap , penuh kejutan.. saya yang asli asli asli banget lahir dari kediri sangat menyayangkan jika meninggalkan kota kelahiran yang penuh sejaraah,, daan meskipun udah 20 tahun tinggal di Kota Tahu ini masih banyak hasrat untuk menelusuri disetiap sudut kota ini.. gak bakalan bosan meskipun sudah terhitung berapa banyaknya saya sudah menjejakkan kaki di tempat yang sama,.
Oh yaa para blogger sejati.. sebelumnyaa bagi para blogger yang gatau dimana sih Kediri itu ? Kediri itu adalah kota kecil yang berada di daerah Jawa Timur, Indonesia.. terkenal dengan sebutan Kota Tahu yang notabene orang luar yang berdatangan ke Kediri pasti gak lupa bawa oleh-oleh dari Kediri berupa Tahu Kuning.. aumm gak cuma tahu kuning nya aja yang terkenal.. ada gethuk pisang khas Kediri, ada makanan nasi pecel tumpang yang pasti gak kalian temuin di kota lain, apa sih nasi pecel tumpang itu ? itu adalah perpaduan campuran pecel sama tumpang, kalo pecel itu sendiri mungkin sebutan di sebuah restaurant Peanut Sauce atau saos kacang (ahh sama aja kalee, cuman penyebutan yang beda) yang biasanya ada sayur hijaunya, ada caparnya, ada pepayanya.. kalo tumpang adalah mkanan yang dibuat dari bahan dasar tempe yang sudah membusuk.. eitts jangan kira tempe yang membusuk adalah suatu hal yang menjijikkan untuk dibuat makanan, orang Kediri sangat ahli membuat tempe yang sudah membusuk dalam artian membusuknya gak gara gara dibiarin lalu dirubungi lalat ituu tidak kawan ada proses fermentasi yang disengaja untuk membuat makanan yang bernama sambel Tumpang, dan jika kalian sudah merasakan.. Yummyy sekali rasanya, ditambah lagi kerupuk yang ada kacangnya atau disebut Peyek.. yummy yummy deeh !
Dan inilah sepotong kecil pengalaman saya tentang apa saja kejutan-kejutan di Kediri :

1. Alun Alun Kediri

Ini dia alun-alun kota kediri, kalo aku sering kesininya, gara gara sholat ke masjid Agung (depan alun-alun Kediri) atau gak gitu markirin motor trus hang-out ke Dhoho Plaza yang ada tepat disebelah alun-alun Kediri.. di sini nih banyaak banget jajanan makanan Kediri, paling banyak itu adalah Krupuk khas Kediri.. jadi noh kalo ke Kediri hasratnya pasti pengen makan mulu hahaha


2. Gunung Klotok
lurus ke Barat dari Alun-Alun Kediri, terdapat gunung Klotok yang menurut aku,, sebaiknya di ubah ke bukit aja deh,, orang dari dulu aku nungguin meletusnya gunung Klotok gak terjadi terjadi,, ahaa nih gunug sudah gak aktif,, disini terdapat goa selomangleng yang terbentuk dari batu besar, ada kolam renangnya jugaa, tempat duduk buat relaksasi di sore hari jogging juga bisa, dan terserahlah mau ngapain aja .. kalo anda punya tenaga cukup buat naik sedikit ke gunung ini, hamparan kediri bisa kalian lihat dengan senyuman maniss dan dalam hati : subhanallah, indah sekali.. seringkali saya kesini hanya sekedar menghilangkan penat dan melihat suasana Kediri apalagi di pagi hari yang masih berkabut !


3. Gunung Wilis
Ke barat luruus ada gunug yang menjulang tinggi, namanya Gunung Wilis di daerah Besuki.. ada banyak wisata yang harus kalian kunjungi,, salah satunya :
a. Gereja Puhsarang
Gereja ini dibangun dengan gaya arsitektur yang unik,, tapi saya paliing males kalo di sana, banyak anjing yang hampir dibuatnya berlari gara gara dikejar anjing ahaaa, but itu bukan masalah rumit,, jika kalian kesini kalian akan mengikuti setiap setapak patung emas yang menceritakan Nabi Isa dari awal hingga di salib..lumayaan luas tempat ini..
Ke barat dikitt kalian akan menemui sebuah lapangan kecil yang menamppakkan luas Kediri dari atas, yaa saya menyukai view Kediri dilihat dari bukit atas
b. Sumber Podang
kalo anda ingin nongkrong dekat dengan phanorama sawah, disini tempatnyaaa,, sejuk banget dan ada sungai yang masih bnyak batu besarnyaa
 
c. Air terjun Irenggolo
lebih naik ke atas gunung, akan anda temui sebuah wisata yang biasanya dibuat oleh pelajar muda sebagai ajang outbond dan bumi perkemahan,,udara di sini cukup dingin dan berkabut sehingga sepanjang perjalanan banyak phanorama yang menyuguhkan pemandangan luas kota Kediri bila dilihat dari atas
d. Air terjun Ndolo
3 Km lebih naik lagi, ada air terjun ndolo, ini adalah jajaran tempat wisata yang paling tinggi di kaki gunung wilis/besuki.. air terjun yang lumayan tinggi dan sangat sejuk membuat anda tidak akan melupakan moment ketika menuju tempat ini, jalan setapak yang lumayan jauh dan asli membuat kaki saya pegal sampe 4 hari gak sembuh sembuh menuju air terjun ini.. tapii wuuih keindahannya top deeh..


4. Moonlight nya Kedirii
Kalo sore hari jalan jalan di Kediri di sekitar jalan HOS Cokroaminoto, anda akan menemui menara sepanjang 313 M yang mengumandangkan adzan tiba..
 Ini adalah menara dari sebuah Pondok Pesantren LDII Burengan, Kediri.. Kereen juga kan kalo pas sore hari ^^ sebenernya menara yang menjulang tinggi tidak hanya di Burengan saja, PonPes Al-Ishlah yang ada di Bandar, dan Masjid Agung juga terdapat Menaranya..

4. Simpang Lima Gumul
Kalo sudah malam tiba cobalah anda berbalik arah menuju Simpang Lima Gumul, gemerlap lampu kota malam dan kemegahan bangunan simpang lima gumul akan membuat hasrat anda untuk menyimpan memori atau sekedar poto poto di sekitar monumen ini..

kalo kalian jalan jalan dan menemukan bangunan L’arch D’ Triomphe seperti yang ada di Perancis, tapi ngomongnya orang-orang di sekitar kalian pake bahasa Jawa berarti anda sedang tersesat di Kediri.. ahaa

5. Gunung Kelud
Gunung Kelud telah meletus pada tanggal 14 Februari 2014, satu tahun yang lalu.. dan tahukah kalian, bagaimana phanorama gunung Kelud setelah meletus ? amaziing pastinya, memang pohon pohon dan bangunan yang berada di puncak gunung kelud sudah gundul, tapi inilah yang menjadi icon menariknya gunung kelud pasca meletus,, yukk intip foto-fotonya







Okee gays , selamat menelusuri kota Kediri,, semoga kalian menemukan sisi kejutan kejutan kecil dari kota kecil ini ^^

by : Nita Durotul Husna

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian dan Faktor-Faktor Pendidikan

BAB 1-4 PKM PGSD

MAKALAH AKHLAK DAN SASARAN AKHLAK